Call Center :  08 2345678 97 | Email  :  it_maxisoft@yahoo.com

Sedia Stok Pulsa H2H+Software Server Pulsa&PPOB Full Suport

PANDUAN PENGGUNAAN SOFTWARE MINI MARKET

SETTING AWAL MINI MARKET

Sebelum melakukan aktifitas dan memulai kegitan jual beli dan pelaksanaan pembelian dan penjualan sebagiamana mini market jual beli barang terlebih dahulu dimulai harus mensetting awal terlebih dahulu dilakaukan agar sebelum proses terjadi jual beli pencatatan secara akurat akan dilakukan dari berbagai macam item barang yang dijual, guna memudahkan dan memberikan keleluasaan kepada penjaga toko baik itu kasir atau penanggung jawab toko sehingga tidak terjadi kesalahan pahaman dan seliish data ketika serah terima atau ganti petugas dan praktek dilapangan, semua di awali dengan langkah dari nol.

Setting awala dalam proses ini harus di dilakukan mengingat keperluan dan kepentingan antara karyawan dan pemilik toko agar sama-sama tau dan salaing mengerti bahwa semua yang dilakukan harus ada catatannya secara detail dan memudahkan semua pihak karena telah disedikan secara digital dan transparan dari permulaan, semua proses ini harus mengikuti prosedur dan ada tingkatan hirarki terhadapa kaitan transaksi lainnya ketika ada proses penjulan atau pembilan yang terkait.
Dengan adanya pencatatan digital yang serba mudah dan saling dapat memanfaatkan software yang mudah dan membantu pekerjaan sehari-hari untuk kelancaran usaha dan tanpa kesulitan mencatatat manual yang cukup merepotkan maka software mini market ini memberikan sebuah solusi dan kontribusi terhadapa semua orang yang terlibat dalam transaksi.

Software Mini Market dengan fitur lengkap dan mudah digunakan dapat dipakai dimana saja kapan saja baik online atau offline bisa digunkan tanpa batas dalam pemakainnya, sebagaimana barang retail tentu banyak item barang yang harus disediakan seabgai persiapan kelengkapan stok dan ini harus tercatat dengan rapi dan benar agar memudahkan mengelola dan memberikan nilai lebih dan maximal pengelolaannya.

Kemudahan fitur dapat disetting lebih awal memberikan fleksibelitas yang akurat dan nyaman gampang dipahami dan dipergunakan sebaik mungkin untukmenata data dan mensetting yang mana kita harus bermula dari awal dan data benar-benar masih kosong dan memulainya dengan benar-benar real sesuai fakta data barang ini dipahami oleh penjaga toko dan semua yang terkait agar memberikan gambaran awal dan setting awal tersebut merupakan hal yang penting dipahami oleh orang-orang yang menggunakan sehingga lebih tau dan bagaimana permulaanya yang harus semestinya dilakukan.

Berikut adalah form setting awal yang harus di setting dan dapat digunakan mulai dari nol hingga akan terjadi setting ulang kemudian hari lagi, jika ada terdapat data yang balance maka perlu dinolkan sebagaimana kebutuhan didalam perjalanan peroses pemakaianya.

SETTING AWAL MEMULAI MENGGUNAKAN PROGRAM TOKO/MINI MARKET

DATA MASTER BARANG

1. Data Supplier

Data supplier adalah data-data yang harus di catat dan di simpan secara digital untuk kepentingan dan pengolahan System Informasi Manajemen toko yang bisa memberikan kemudahan pengelolaan kebutuhan toko untuk berelasi dengan data-data lainnya yang saling berhubungan satu sama lain, data supplier dicatat harus benar-benar akurat dan valid dalam arsif berupa digitalisasi dan memberikan kenyamanan data agar tidak terjadi dari hal-hal yang tidak di inginkan oleh pihak-pihak yang tidak berkepentiangan.

Suppluer atau penyedia barang merupakan salah satu mitra kerja sama toko sebagai penyalur barang retail yang diproduksi oleh para pensupplai barang ke penjual retail atau market, maka sangatlah berperan secara langsung keberadaan supplier untuk dapat selalu dan stabil menyuplai barang-barang yang dipeoduksinya, kehadiran supplier ini sangat menentukan juga perkembangan dan kelancaran perputaran jual beli oleh para penjual didalam toko, sehingga antara toko retail dan supplier barang harus saling memberikan kontribusi dan manfaat untuk memproleh keuntungan penjulan .

Barang-barang yang di produksi oleh supplier harus mempunyai kualitas (Qualiy Control) untuk menjaga kenyamanan para customer sebagai pembeli dan konsumsi, hal ini harus menjadi perhatian dari para supplier dan selalu mengontrol produksi agar selalu tetap bisa aman dan terjaga baik kuantitas dan kualitas barang sebagai mana yang diharapakan para customer sebagai orang yang setia mengkonsumsi produk-praduk yang didistribusinya.

Penyuplai barang-barang yang sudah menjadi pilihan dan barang-barang baru juga menjadi perhatian khusus oleh para supplier sebagai produsen, dimana barang-barang yang sudah dikenal harus menjadi prioritas dan menjadi pilihan tertentu yang telah dikenal masyarakat untuk selalu harus di iapakan dan selalu di pantau untuk persediaannya, supplier juga harus memahani hal ini untuk kelangsungan dan stabilitas produksi agar selalu terjaga, karena disebabkan bila mana tidak dilakukan dengan pantaun yang khusus maka bisa jadi permasalahan baru dalam distribusi dan berefek terhadap penjulan dikalangan toko barang /retail.

Hal-hal inilah yang harus diperhatikan dalam penyedia barang atau disebut supplier barang agar senantiasa selalu ada dan terjaga baik itu dari segi kuantitas dan kualitas yang merupakan hal pokok dan penting bagi mereka sebagai penyuplai barang agar dapat selalu memberikan dan menyalurkan barang-barang dagangannya menjadi professional dan berkualitas sepanjang masa untuk dapat dipasarkan dan diminati sebagai produk pilihan yang telah dirasakan manfaatnya secara umum dan pribadi tealah dirasakan kenikmatannya, inilah point yang harus diperhatikan jika produk-produk kita telah dikenal dan disukai publik maka harus dijaga dan di pertahankan kenyamananya dan memuaskan pelanggan sebagai penikmat dari hasil produk kita.

Berikut form input data barang :

FORM INPUT DATA SUPPLIER

2. Data Barang

Data barang adalah kumpulan item barang atau disebut stock barang yang dipesan dan didata secara menyeluruh sebagimana arsif digital yang disimpan sebagai berkas data base, database barang yang dicatat/diunput dalam software yang tersimpan dalam computer secara digital memudahkan pengeloaan untuk kebutuhan sirkulasi alur kluar masuk barang yang didistribusikan mellaui market/toko sebagaimana penjualan barang berlangsung dan pelayanan langsung secara retail dari customer selaku pembeli.

Data barang ini tentunya banyak item dan berbagai jenis kategori yang akan di jual dan di petakanatau dikelompok-kelompokkan agar memudahkan pengklasifikasikan dan penataan yang rapi d an mudah di temukan walapun item barang tersebut sangat kecil-kecil dan tidak mudah disimpan dalam ruang bebas, dengan system software minimarket ini pendataan barang tentu sangat mudah ditelusuri dan menemukan walapun yang mencari-cari bukan oarg-orang yang biasa bekerja di tempat tersebut, dengan system ini mudah dipahami dan dimengerti tinggal mengetik kata kunci dalam software toko maka sasaran pencarian akan langsung ditemukan.

Pendataan barang dalam software mini market sangat penting dan sangat besar fungsinya untuk digunakan dan dimaximalkan dalam pengelolaan databse dimana data-data tersebut dapat direkayasa dalam query dan menemukan hasil pencaraian yang akurat sehingga dengan pengolahan dara ini dapat dijadikan analisis dan prepare persiapan dan kestabilitasan persedian barang, bukan hanya hal ini saja namun banyak lagi hal-hal yang dapat dipergunakan dan diambil kemanfaatannya sebagai bahan olahan database

Mengelompokkan dan menetukan pola pemetaan dan penempatan barang harus menjadi perhatian yang pas dan cocok dimata pengunjung agar barang-barang tersebut menjadi menarik dan dapat memberikan kesan tertentu dengan penampilan display dan mudah dipahami baik secara tampilan atau fungsi yang dapat dibaca oleh masyarkat selaku penunjung toko dan sekali gus sebagai calon-calon pembeli laiinya, pengaturan dan plot-plot tertentu harus sesuai dan tampak dengan jelas dimana barang yang diunggulkan tersebut diletakkan.

Setelah dapat menata dan menentukan posisi barng-barang yang diinput sesauai dengan kondisi barang yang didisplay dirak atau di tempat yang telah didesain sesuai rencana maka langkah selanjutnya adalah menemukan query-query yang sering di pakai untuk mendapatkan data barang yang sering terjadi dan baik itu barang yang paling laku, barang yang tidak laku, barang yang biasa-biasa saja, maka hal ini sangat penting ditampilakn sesaui kata kunci agar pengelola dapat memberikan informasi untuk kepentingan toko sebagai info akurat yang dijadikan keputusan pembelian barang kembali terhadap supplier.

Berikut Form Input data Barang :

FORM INPUT DATA BARANG

3. Data Customer

Customer adalah kumpulan darai satu atau lebih yang melakukan pembelian terhadap toko sebagaimana pembelanjaan yang dilakukan baik dalam waktu tertentu atau rutinitas membeli, customer sebagai pembeli merupakan hal yang harus diperhataiakan dan dilayani dengan sopan santun dan bijaksana, dimana customer ini adalah seakan-akan raja yang harus kita layani dan memberikan keterangan-keterangan yang menarik dan memuaskan apa yang mereka inginkan dan pertanyakan

Penjaga toko atau pelayan toko harus inergik dan komunikatif terhadap pengunjung toko untuk memberikan penjelasan dan melayani dengan sungguh-sungguh sehingga customer merasa puas dan senang berbelanja di toko, hal ini dapat membawa emage kepada orang lain sperti tetangganya, familinya dan lain sebagaimana agar berbelanja ditempat toko kita,  inilah dikatan kepuasan pengunjung dapat dicapai dan memberikan kontribusi terhadap apa yang telah kita tanam dan berikan kepada calon-calon pengunjung agar tertarik membeli barang-barang yang kita jual.

Dalam pelayanan dan memberikan service terhadap customer yang dating harus benar-benar diperhatikan dan memahami minatnya dan dapat memberikan pejelesana terhadap barang yang telah disukainya atau barang yang ditanyak, maka dari itu penjaga toko harus dapat menguasai produk knowledge dari sebuah produk yang spesifik dan detail sehimgga mengusai materi dan penjelasan lebih lugas dan jelas terhadap fungsi dan keguanaan barang, hal ini sudah menjadi umum dan banyak hal yang dilakukan oelh penjaga toko untuk menguide pembeli dan memberikan pengaran kepada customer jika dalam penentuan keputusan beli masih ragu-ragu dan membutuhkan bantuan

Data customer perlu dikumpulkan, dicatat dan dimasukkan kedalam database untuk dijadikan sebagai data customer yang dapat kita gunakan baik dalam reorder dan menghubungikustomer bila sewaktu-waktu dibutuhkan, pencatatan customer harus dilakukan dengan lengkap mulai dari ID customer hingga nama dan alamat begitu juga no telpon yang bisa di hubungi, pendataan ini penting dan dapat membawa keuntungan tertentu untuk kelanjutan usaha baik secara berkala atau waktu tertentu yang dapat di gunakan.

Berikut form input data customer :

Form Inputan data customer

Ada Pertanyaan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

27 − = 23

Hub Kami

Alamat Kantor

Lokasi Jakarta :
Jl. Lewa,VI No. 33, Pekayon, Pasar Rebo, Kota Jakarta Timur,Daerah Khusus, Ibukota Jakarta, RT.5/RW.10, Pekayon, Pasar. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13710

Hp. 0821-6360-2629
Chat Via WhatsApp klik disini…

Lihat lokasi kami di google Map, Untuk Jakarta silakan klik disini…

—————————————————————————-

Lokasi Surabaya Jawa Timur :
Jl. Citra Flamboyan 18 Tropodo Sidoarjo, Jawa Timur

HP. 08-23456789-74
Chat Via WhatsApp klik disini…

Lihat lokasi kami via google Map, Untuk Wilaayah Jawa Timur /Surabaya

Komentar Terbaru

Kategori

Kalender

Januari 2021
S S R K J S M
« Des    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031